RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN STATISTIKA XII MIPA ( 1 lembar )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMAN
2 TG.PANDAN Mata Pelajaran : MATEMATIKA
WAJIB |
Kelas/Semester : XII
/ 1 Alokasi Waktu : 4
x 45 menit |
KD : 3.2 dan 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Statistika |
||
A. TUJUAN
·
Mengidentifikasi fakta pada ukuran
pemusatan dan penyebaran data yang
disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram ·
Menentukan ukuran pemusatan dan
penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan
histogram ·
Menganalisis ukuran pemusatan dan
penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan
histogram ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
frekuensi dan histogram ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel
distribusi frekuensi dan histogram |
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan
diajarkan ·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ukuran Pemusatan data |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ukuran Pemusatan data |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ukuran Pemusatan data |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Ukuran
Pemusatan data Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
Komentar
Posting Komentar