RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN STATISTIKA XII MIPA ( 1 lembar )

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMAN 2 TG.PANDAN

Mata Pelajaran         :   MATEMATIKA WAJIB

Kelas/Semester        :  XII / 1

Alokasi Waktu          :  4 x 45 menit

KD                    : 3.2 dan 4.2

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

Statistika

 

A.    TUJUAN

 

·         Mengidentifikasi fakta pada ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram

·         Menentukan ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram

·         Menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram

·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram

·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

 

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ukuran Pemusatan data

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ukuran Pemusatan data

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ukuran Pemusatan data

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Ukuran Pemusatan data Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.    PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

TG.PANDAN, ..... Juli 2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

HERMIADI, MPd

NIP. 197212061998021001

 

 

 

SUTRA INDAINI,S.Pd

NIP. 196711101989031009

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB I PTK Matematika Kelas XII MIPA Dimensi Tiga

pelatihan kurikulum 2013 dipaksakan , 8 - 14 Juli 2013 di Hotel Santika Pangkalpinang Bangka.