pelatihan kurikulum 2013 dipaksakan , 8 - 14 Juli 2013 di Hotel Santika Pangkalpinang Bangka.

Berikut adalah salah satu hasil kerja kelompok untuk pembuatan RPP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Babel Kelas/Semester :X/2 Mata Pelajaran : Matematika-Wajib Topik : Eksponen dan Logaritma Waktu : 2 × 45 menit ( 1 kali pertemuan ) A. Kompetensi Inti SMA kelas X: 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar Setelah mengikuti pembelajaran eksponen dan logaritma siswa mampu: 1. Menghayati pola hidup disiplin, kritis,bertanggungjawab, konsisten dan jujur sertamenerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; 2. Memilih dan menerapkan aturan eksponendan logaritma sesuai dengan karakteristikpermasalahan yang akan diselesaikan danmemeriksa kebenaranlangkah-langkahnya; 3. Menyajikan masalah nyata menggunakanoperasi aljabar berupa eksponen dan logaritmaserta menyelesaikannya menggunakansifat-sifat dan aturan yangtelah terbuktikebenarannya. C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen dan logaritma. 2. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 4. Menjelaskan kembali pengertian eksponen dan logaritma. 5. Menyatakan kembali pengertian eksponen dan logaritma . 6. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen dan logaritma. D. Tujuan Pembelajaran Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran eksponen dan logaritma ini inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat 1. Menuliskan ciri-ciri eksponen dan mendiskusikan hasilnya dengan menggunakan istilah notasi pangkat, dan pangkat bulat positif. 2. Menyatakan eksponen dari contoh yang berhubungan dengan kehidupan sehari –hari. E. Materi Matematika 1. Mengingat kembali mengenai eksponen , pangkat bulat positif dengan menggunakan beberapa contoh pertanyaan penggugah: 1. Diberikan selembar kertas berbentuk persegi panjang. Lipatlah kertas tersebutdi tengah-tengah sehingga garis lipatan membagi dua bidang kertas menjadidua bagian yang sama. Temukanlah pola yang menyatakan hubungan banyaklipatan dengan banyak bidang kertas yang terbentuk. 2. Seorang peneliti bidang mikrobiologi di sebuah lembaga penelitian sedang mengamati pertumbuhan suatu bakteri di sebuah laboratorium mikrobiologi. Pada kultur bakteri tersebut, satu bakteri membelah menjadi r bakteri setiap jam. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa jumlah bakteri pada akhir 3 jam adalah 10.000 bakteri dan setelah 2 jam kemudian, jumlah bakteri tersebut menjadi 40.000 bakteri. Peneliti tersebut ingin mengetahui banyak bakteri sebagai hasil pembelahan dan mencari tahu banyak bakteri dalam waktu 8 jam. 3. Misalkan a bilangan real dan n bilangan bulat positif. an adalah hasil kali bilangana sebanyak n faktor, dapat ditulis dengan a sebagai basis bilangan pokok dan n sebagai pangkat. 4. Pada Definisi-1.1 disepakati, a1 cukup ditulis a. 5. Hati-hati dengan bilangan pokok a = 0, tidak semua a0 dengan a bilangan real hasilnya adalah 1. 6. Jika n adalah sebuah variabel (variabel sebagai eksponen dari a), maka perlu dicermati semestanya dimana variabel itu dibicarakan. Sebab an = a × a × ... × a sebanyak n faktor, ini hanya berlaku ketika semesta nεN. F. Model / Metode Pembelajaran Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). G. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami eksponen dan memberikan gambaran tentang aplikasi eksponen dalam kehidupan sehari-hari. 2. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan pengertian tentang bilangan berpangkat dengan beberapa contoh dari kehidupan sehari-hari ( menara hanoi dan papan catur ). 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep eksponen. 15 menit Inti 1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. 2. Guru memberikan lembar aktifitas siswa dan mengarahkan siswa untuk mendiskusikan penyelesaian masalah serta menuliskan informasi dalam masalah dan menuliskan apa yang ditanyakan. 3. Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan kelompok siswa yang lain untuk memberkan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok penyaji dan menjembatani jika ada cara yang berbeda diantara hasil kerja antar kelompok tersebut. 4. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menemukan rumus bilangan berpangkat bulat positif , yaitu an = a × a × ... × a sebanyak n faktor 5. Guru memberikan tugas kepada siswa mengenai bilangan berpangkat bulat positif untuk dikumpulkan. Hitunglah : a. 24 b. 33 c. 45 d. 103 60 menit Penutup 1. Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan nilai bilangan berpangkat atau eksponen. 2. Guru bersama dengan siswa kembali menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai bilangan berpangkat dan eksponen. 3. Guru memberikan tugas PR mengenai mengenai bilangan berpangkat dan eksponen. 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. 15 menit H. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. Worksheet atau lembar kerja (siswa) 2. Bahan tayang 3. Lembar penilaian I. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis 2. Prosedur Penilaian: No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian 1. Sikap a. Terlibat aktif dalam pembelajaran mengenai bilangan berpangkat dan eksponen. b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi 2. Pengetahuan 5. Menjelaskan kembali pengertian mengenai bilangan berpangkat dan eksponen. Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok 3. Keterampilan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi J. Instrumen Penilaian Hasil belajar Tes tertulis Hitunglah : 1. 24 2. 33 3. 45 4. 103 Kunci jawaban Bobot 1. 24= 16 5 2. 33= 27 5 3. 45= 1024 5 4. 103 = 1000 5 Skor maksimal 20 / 20 x 100 = 100 LEMBAR AKTIVITAS SISWA Masalah-1.1 Seorang peneliti bidang mikrobiologi di sebuah lembaga penelitian sedang mengamati pertumbuhan suatu bakteri di sebuah laboratorium mikrobiologi. Pada kultur bakteri tersebut, satu bakteri membelah menjadi r bakteri setiap jam. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa jumlah bakteri pada akhir 3 jam adalah 10.000 bakteri dan setelah 2 jam kemudian, jumlah bakteri tersebut menjadi 40.000 bakteri. Peneliti tersebut ingin mengetahui banyak bakteri sebagai hasil pembelahan dan mencari tahu banyak bakteri dalam waktu 8 jam. Masalah-1.2 Diberikan selembar kertas berbentuk persegi panjang. Lipatlah kertas tersebut di tengah-tengah sehingga garis lipatan membagi dua bidang kertas menjadi dua bagian yang sama. Temukanlah pola yang menyatakan hubungan banyak lipatan dengan banyak bidang kertas yang terbentuk. LEMBAR PENUGASAN Suatu zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia akan dikeluarkan dari darah melalui ginjal. Setiap 1 jam separuh zat itu dikeluarkan oleh ginjal. Bila 100 mg zat itu disuntikkan ke tubuh manusia, berapa miligram zat itu yang tersisa dalam darah setelah: 1) t = 1 jam? 2) t = 2 jam? 3) t = 3 jam? 4) Buatlah model matematika pengurangan zat tersebut dari tubuh melalui ginjal! 5) Gambarlah grafik model persamaan yang ditemukan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB I PTK Matematika Kelas XII MIPA Dimensi Tiga