BAB I PTK Matematika Kelas XII MIPA Dimensi Tiga

 

 

 Meningkatkan penguasaan materi bangun ruang

dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas  pada siswa kelas XII IPA 4

SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021

 

 

 

 

 

 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

OLEH : SUTRA INDAINI ,S.Pd

NIP    : 196711101989031009

 

 

 

 

 

 

SMA NEGERI 2 TANJUNGPANDAN

TAHUN 2020

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.                            Latar belakang masalah

Suatu Proses pendidikan tidak lepas dari peranan penting seorang guru  dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, sebab seorang guru langsung berinteraksi dengan siswa di sekolah. Seorang guru bukan hanya memberikan pengetahuan kepada siswa, namun guru juga merupakan agen pembaharuan dan pembangunan masyarakat, agar siswa benar-benar mengerti dan memahami serta dapat mengaplikasikan materi matematika yang sudah dipelajari. Maka sudah seharusnya seorang guru mampu menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan pembelajaran berlangsung secara aktif, salah satunya dengan memperhatikan metode dan media pembelajaran yang digunakan.

Berdasarkan pengalaman penulis, materi Dimensi Tiga  adalah materi esensial yang cukup disukai oleh siswa. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM. Namun ketika menerapkan materi Dimensi Tiga dalam soal aplikasi ternyata banyak ditemui  kendala. Ini terjadi karena siswa kurang dapat menelusur lebih dalam ke bentuk-bentuk ruang yang tentunya memiliki cara pandang dan imajinasi yang lebih luas.

  Untuk mengatasi masalah   tersebut, maka penulis berusaha mencari metode dan media yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan berhasil.

Berdasarkan uraian di atas, penulis berminat dan merasa tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “ Meningkatkan penguasaan materi bangun ruang  dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas  pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021“

 

B.                           Rumusan masalah

            Berdasarkan pemaparan di atas, identifikasi masalah yang muncul adalah:

1.    Guru belum memfasilitasi siswa dengan metode dan media yang layak, sehingga siswa   menjadi kurang berminat mempelajari materi Bangun Ruang

2.    Aktivitas siswa belum merujuk ke pengalaman yang diperoleh, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna.

          Dengan adanya identifikasi yang telah dikemukakan di atas maka rumusan masalah dalam          

          penelitian ini adalah:

 

 Apakah melalui penggunaan dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas  dapat meningkatkan   penguasaan materi bangun ruang  pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021 ?

 

C.     Tujuan Penelitian

Mengetahui melalui penggunaan dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas  dapat meningkatkan penguasaan materi bangun ruang  pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021

 

D.     Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah bagi siswa , guru dan sekolah itu sendiri, dalam hal ini dapat penulis uraikan sebagai berikut :

1.  Siswa

1)        Untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika

2)        Agar siswa aktif dalam proses Belajar Mengajar

3)        Agar pembelajaran menyenangkan bagi siswa

4)        Agar terjadi pembelajaran yang variatif dan inovatif

2.    Guru

1)        Meningkatkan kemampuan dalam mengajar dengan menerapkan metode diskusi kelompok

2)        Hasil penelitian dapat menjadi referensi dalam melakukan penelitian tindakan kelas yang sejenis

3.  Sekolah

1)        Meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 2 Tanjungpandan

2)        Meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pelatihan kurikulum 2013 dipaksakan , 8 - 14 Juli 2013 di Hotel Santika Pangkalpinang Bangka.