BAB I PTK Matematika Kelas XII MIPA Dimensi Tiga
“ Meningkatkan penguasaan materi bangun
ruang
dengan alat bantu Kotak
Kardus Bekas pada siswa kelas XII IPA 4
SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun
2020/2021“
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
OLEH
: SUTRA INDAINI ,S.Pd
NIP : 196711101989031009
SMA
NEGERI 2 TANJUNGPANDAN
TAHUN 2020
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Suatu Proses pendidikan tidak
lepas dari peranan penting seorang guru
dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, sebab seorang guru
langsung berinteraksi dengan siswa di sekolah. Seorang guru bukan hanya memberikan
pengetahuan kepada siswa, namun guru juga merupakan agen pembaharuan dan
pembangunan masyarakat, agar siswa benar-benar mengerti dan memahami serta
dapat mengaplikasikan materi matematika yang sudah dipelajari. Maka sudah
seharusnya seorang guru mampu menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan
pembelajaran berlangsung secara aktif, salah satunya dengan memperhatikan
metode dan media pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan pengalaman penulis,
materi Dimensi Tiga adalah materi
esensial yang cukup disukai oleh siswa. Hal ini terlihat dari hasil ulangan
harian yang sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM. Namun ketika
menerapkan materi Dimensi Tiga dalam soal aplikasi ternyata banyak ditemui kendala. Ini terjadi karena siswa kurang
dapat menelusur lebih dalam ke bentuk-bentuk ruang yang tentunya memiliki cara
pandang dan imajinasi yang lebih luas.
Untuk mengatasi masalah
tersebut, maka penulis berusaha mencari metode dan media yang menjadikan
pembelajaran lebih bermakna dan berhasil.
Berdasarkan uraian di atas,
penulis berminat dan merasa tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas
yang berjudul “ Meningkatkan penguasaan
materi bangun ruang dengan alat bantu
Kotak Kardus Bekas pada siswa kelas XII
IPA 4 SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021“
B. Rumusan masalah
Berdasarkan pemaparan di atas,
identifikasi masalah yang muncul adalah:
1.
Guru
belum memfasilitasi siswa dengan metode dan media yang layak, sehingga siswa menjadi kurang berminat mempelajari materi
Bangun Ruang
2.
Aktivitas
siswa belum merujuk ke pengalaman yang diperoleh, sehingga pembelajaran menjadi
kurang bermakna.
Dengan adanya identifikasi yang telah dikemukakan di atas maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah:
Apakah melalui penggunaan dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas dapat meningkatkan penguasaan materi bangun ruang pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Tanjungpandan tahun 2020/2021 ?
C.
Tujuan Penelitian
Mengetahui melalui penggunaan
dengan alat bantu Kotak Kardus Bekas
dapat meningkatkan penguasaan materi bangun ruang pada siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2
Tanjungpandan tahun 2020/2021
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah
bagi siswa , guru dan sekolah itu sendiri, dalam hal ini dapat penulis uraikan
sebagai berikut :
1. Siswa
1)
Untuk
meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika
2)
Agar
siswa aktif dalam proses Belajar Mengajar
3)
Agar
pembelajaran menyenangkan bagi siswa
4)
Agar
terjadi pembelajaran yang variatif dan inovatif
2.
Guru
1)
Meningkatkan
kemampuan dalam mengajar dengan menerapkan metode diskusi kelompok
2)
Hasil
penelitian dapat menjadi referensi dalam melakukan penelitian tindakan kelas
yang sejenis
3. Sekolah
1)
Meningkatkan
mutu pendidikan di SMAN 2 Tanjungpandan
2)
Meningkatkan
kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru
BAB I silahkan diperiksa
BalasHapus