BAYANG - BAYANG ERA GLOBALISASI DI DUNIA PENDIDIKAN

Selasa sore , 4 September 2012 saya beserta staff SMA Negeri 1 Tanjungpandan menjemput seorang guru volunteer dari USA melalui yasasan AMINEF ( American Indonesian Exchange Foundation ) . Guru tersebur adalah Miss Amirah Hannih Nelson seorang sarjana bidang akuntansi dari Smith University Illinois berusia 23 Tahun yang akan membantu mengajar Bahasa Inggris selaku ETA ( English Teacher Assistant ) selama 1 tahun.

Rabu , Kamis , Jumat  ( 5 sd 7 ) September 2012 , diselingi dengan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung , kami mengurus Kartu Izin Menetap Sementara ( KITAS ) di kantor Imigrasi Tanjungpandan. Surat izin terrsebut selesai pada hari senin , 10 September 2012 dan kami berkunjung ke Kantor Bupati Belitung serta ditemui oleh Bapak Sahani Saleh selaku Wakil Bupati Belitung.

SMA Negeri 1 Tanjungpandan menjadwalkan nona Amirah ini untuk masuk ke kelas X, XI maupun XII dengan beban mengajar sebanyak maksimum 20 jam per minggu serta ada hari sabtu diberi waktu libur.

Program Aminef ini untuk tahun 2012 di seluruh Indonesia ini ada untuk 50 orang tenaga sukarela yang ditempatkan di berbagai SMA maupun SMK. Kita tentu menyambut baik kegiatan ini dan dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui Dinas Pendidikan turut membantu untuk menyediakaan berbagai fasilitas akomodasi selama guru asing ini berada di Belitung , demikian juga dengan Komite Sekolah.

Sebuah rumah disediakan lengkap dengan fasilitasnya , demikian pula kendaraan berupa sepeda Motor untuk kemudahan transportasi dipinjamkan untuknya.
Kita mengharapkan kehadiran Amirah ini akan membawa dampak positif bagi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah , maupun bagi guru yang lain untuk terpacu guna meningkatkan ketrampilan berbahasanya.
Era globallisasi tenaga guru di SMA Negeri 1 Tanjungpandan telah disongsong , mau tidak mau kita tidak dapat mundur lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB I PTK Matematika Kelas XII MIPA Dimensi Tiga

pelatihan kurikulum 2013 dipaksakan , 8 - 14 Juli 2013 di Hotel Santika Pangkalpinang Bangka.